Thursday, December 3, 2015

BUDIDAYA TANAMAN HIAS PURING







Tanaman daun puring merupakan salah satu jenis tanaman yang di gemari karena selain tampilannya cantik,tanaman ini mudah untuk di budidayakan,selain itu harganya jauh lebih murah dibandingkan tanaman hias lainnya.Sehingga banyak orang yang membudidayakannya.

Tanaman daun puring ini dengan nama latin codiaeum variegatum,memiliki warna daun yang indah dan beragam warna,dari muali warna,hijau,merah,kuning bercorak,dan ada yang hitam kemerahan.Usaha budidaya tanaman puring ini terbilang cukup menjanjikan,karena tanaman ini sangatlah mudah dipasarkan.

Selain itu prosesnya yang tidak rumit dan tidak memerlukan biaya yang banyak,membuat punya daya tarik tersendiri untuk parabpembudidaya tanaman ini.Beberapa hal yang harus di perhatikan cara budidaya tanaman daun puring ini.


MEDIA TANAM

~• Media tanam daun puring bisa berupa campuran sekam sama pupuk kandang,dan juga bisa menggunakan campuran tanah merah,sekam dan pupuk kandang,dan purin ini bisa di masukan di dalam pot sehingga tampilannya cantik

~• Tanaman puring ini juga memerlukan asupan air yang cukup,untuk menjaga media tanam agar tetap lembab,sehingga tanaman puring akan tumbuh dengan baik,penyiraman bisa dilakukan 3 kali dalam sehari.

~• Penempatan tanan daun puring ini harus diarea yang terkena sinar matahari yang cukup,supaya warna dari daun puring ini akan keluar warna yang sangat mewah,







BUDIDAYA

°  Dengan cara menebar benih dari biji puring,namun cara yang ini terbilang kurang efektif karena selain membutuhkan waktu yan cuku lama,juga hasil yang didapatkan tidak selalu sama dengan indukannya,tetapi untuk mencoba tidak ada salahnya.

°  Dengan cara mencangkok,cara yang ini akan tetap menghasilkan seperti pohon induknya,karena langsung mengupas kulit batang pohon dan menempelkan tanah dan dibungkus hinggabkeluar akar,namun cara yang ini akan menghasilkan lebih lama juga untuk memperbanyak.

°  Dengan cara stek,cara yang ini biasanya cara yang banyak dilakukan olah para pembudidaya puring karena selain cepat dan dapat menduplikasi indukannya yang distek.Untuk melakukan cara stek tergolong cukup mudah.

Caranya adalah pilih batang yang hendak disetek,pilih batang yang sudah berusia lumayan tua,potong dengan pisau,selanjutnya letakan potongan pada media tanam dan tutup dengan plastik untuk mengurangi penguapan,setelah 2 minggu maka akan keluar akar,letakan pohon di tempat yang teduh sampai 3 hari.Selanjutnya simpan di tempat yang terkena sinar matahari langsung.

°  Adapun dengan cara menyambung/mengawinkan,cara yang ini adalah cara yang unik karena bisa menghasilkan bentuk dan warna daun yang berbeda-beda sehingga tanaman pohon purinh terlihat cantik.

Caranya adalah siapkan pohon puring yang hendak disambung tentunya yang sudah tumbuh sehat lalu potong cabang batang yang hendak disambung,seterusnya siapkan batang puring jenis lainnya dan potong ke arah pucuknya tetapi jangan batang yg terlalu muda.

Kupas kulit batang puring jangan sampai terputus lalu masukan batang puring yang lain jenis tadibdan ikat dengan plastik,jangan lupa tutup dengan plastik juga untuk mengurangi penguapan.


MEMPERCANTIK

Untuk mempercantik dan menghasilkan warna yang mencolok adalah dengan memperhatikan media tanam yang bagus dan setiap 3 bulan sekali kita lakukan penggantian media tanam tersebut,juga pohon puring harus benar-benar terkena sinar matahari langsung  dan cukup,tentunya penyiraman pun akan jadi faktor utama.

Apa bila itu semua dilakukan dengan baik,maka hasilnya akan menjadikan pohon puring yang cantik dan mewah.




Semoga bermanfaat.SALAM SUKSES

No comments:

Post a Comment

Tanaman sejuk