Thursday, December 17, 2015

Rahasia Aglonema tumbuh dengan prima







Beberapa tips aglonema tumbuh dengan prima,cantik,warna daun mewah

A. Lokasi

Lokasi yang ideal untuk merawat aglonema adalah daerah berketinggian 300-400 diatas permukaan laut.Ditempat ini tanaman tumbuh tegap,daun tebal,warna dan corak akan lebih mencolaok,ketinggian lokasi juga berpengaruh sobat pada pertumbuhan tanaman.Didaratan rendah < dari 300 dpl cebderung lebih panas membuat tanaman tumbuh lebih cepat sob,sementara dataran sedang > dari 400 dpl tanaman cenderung tumbuh lambat karena udaranya sejuk dan sinar matahari redup.

B. Sinar matahari

Sesuai dengan habitat asalnya aglonema menyukai lokasi yang teduh dengan pencahayaan terbatas intensitas matahari berkisar 10-30% oleh sebab itu aglonema cocok sebagai tanaman hias indoor atau elemen taman yang teduh sobat,terlalu banyak mendapat cahaya menyebabkan daun manjadi cikelat kehitaman,meredam cahaya matahari bisa dengan cara memasang penaung/paranet 75-80%.

C. Kelembaban

Lokasi berkelembaban 50-70% cocok sekali untuk merawat aglonema,disana tanaman akan tumbuh baik dan daun tetap tegap,bila terlalu kering atau panas kurang dari 50% menyebabkan penguapan terlalu tinggi membuat daun pohon akan layu,kalau didaerah yang terlalu lembab akan memicu datangnya berbagai oenyakit terutama cendawan yang menjadi musuh.

D. Suhu

Aglonema membutuhkan suhu optimal untuk menunjang pertumbuhannya lokasi sebaiknya mempunyai suhu 28-30°c (siang hari) dan 20-22°c ( malam hari)  suhu terlalu tinggi bisa menyebabkan warna daun menjadi pucat dan pudar.Perubahan sushu secara mendadak membuat tanaman stres sehingga mengganggu pertumbuhannya.

E. Sirkulasi udara

Agar tumbuh prima aglona membutuhkan tempat bersirkulasi udara yang baik,karena sangat membantu proses penguapan sehingga kelembaban lingkungan tetap terjaga.Sirkulasi udara yang jelek berdampak buruk pada tanaman,terutaman pada musim penghujan,akan memicu munculnya cendawan mesti sinar matahari cukup,tetapi sirkulasi udara berjalan tidak lancar,akan berakibat tanaman kerdil.

F. Media tanam

Aglonema nenyukai  media tanam yang forous dan tidak tergenang air,pilihan media tanam antara lain cocopeat,sekam bakar,pakis,pasir malang dan kaliandra/humus.Komposisi nya sangat bervariasi tergantung ketinggian lokasi dan kelembaban contoh: coco peat 10%, sekam bakar 15%, pasir malang 10% pakis 50%, dan kompos 5% untuk meningkatkan porousitas dapat di tambahkan 1%  agar tanaman tampil bagus. Media tanaman campuran seperti ini bisa di ganti 6-12 bulan sekali sob.





Itu sobat yang pernah saya lakukuan,apa bila sobat tertarik silahkan coba dan jangan lupa share ya sob ke kawan- kawan,semoga ada manfaat didalamnya terimaksih saya ucapkan .


Salam sukses selalu.

No comments:

Post a Comment

Tanaman sejuk