Monday, December 7, 2015

PENYAKIT TANAMAN PURING


Berbagai Penyakit tanaman daun puring yang harus kawan perhatikan adalah ada beberapa macam yang mengakibatkan tanaman daun puring layu dan akhirnya mati

Pertama disebabkan dari media tanam kawan,biasanya dari pupuk kandang yang mengundang datangnya bakteri sehingga menimbulkan hama seperti cacing,ngkuk,dan sejenis hama lainnya,dan hama ini akan memakan akar daun puring hingga habis,dan apa bila kawan cabut pohon daun puring maka akarnya atau batang pohonnya akan berwarna hitam.

Kedua disebabkan akibat menyimpan pot atau polibag,yang tidak memakai alas,sehingga mempermudah masuknya hama yang keluar dari dalam tanah yang akhirnya memakan akar daun purinh tersebut,dan ini yang sering sekali rentan terhadap tanaman daun puring apa bila kawan tida secepatnya bertindak.

Ke tiga diakibatkan kekurangannya asupan nutrisi pupuk,sehingga pohon tersebut kakurangan makanan,sebagai mana halnya manusia kawan apa bila kekurangan makanan maka kira- kira apa yang akan kawan rasakan,karena pads dasarnya pohon yang di tanam di pot atau polibag,mendatangkan makanan hanya mengandalkan pupuk yang ada di media tanam.

Lain halnya dengan pohon yang di tanam di tanah secara langsung,dia kan mendapatkan makanan yang banyak diarea tanah tersebut.


CARA MENGTASINYA

~ Bisa dilakukan dengan memberi obat yang di taburkan diatas media untuk mematikan hama,dan bisa pula dengan menyemprotkannya,dengan berbagai jenis obat untuk mematikan hama tersebut,tetapi dengan cara ini hanya bersifat sementara kawan,karena setelah pengaruh obat tersebut tidak ada maka hamanya akan datang lagi,dan mulai menyerang akar pohon daun puring.

~ Tetapi sebaiknya kawan lakukan pohon puring tersebut segeralah ganti media tanam,setelah menggantinya lalu berilah obat untuk mematikan hama tadi agar pohon daun piring sehat kembali,dan kawan lakukan pemberian obat pengusir hama tersebut alangkah baiknya di berikan setiap 2 minggu sekali agar tanaman kawan terjaga dengan aman.

~ Selanjutnya segeralah memberi alas atau hamaparan untuk menyimpan tanaman tersebut,bisa menggunaka karung atau punbplastik,dan apa bila pohon yang ditanam di pot besar,maka bisa menggunakan tatakan dari beton atau pun dengan pot kembali agar lebih jauh dari tanah sepert contoh.




Bisa juga kawan menggunakan apapun yang bisa di jadikan alas atau tatakan,diatas hanya sebagai contoh saja,agar pohon daun puring aman terkendali.

Ada pun media tanam yang sudah dilakaukan permentasi kawan agar kita tidak harus memberi obat,karena dibdalamnya sudah terkandung pupuk sama obat penangkal masuknya hama itu akan memperingan pekerjaan kita,tetapi mungkin dari segi harga akan sedikit lebih mahal dibandingkan seperti kawan memberi obat sendiri.

~ Selanjutnya biasanya ada hama yang langsung memakan atau menempel dan bersarang didaun kawan,seperti ulat,kupu-kupu,atau semut,itu pun akan berpengaruh terhadap rontoknya daun puring,seperti halnya semut atau kupu-kupu dia akan bersarang dan akan bertelur di daun puring sehingga akan terganggunya pertumbuhan daun puring,daun puring akan rontok,daun puring dan bertumbuh kecil dll.

~ ulat,ulat akan menghabiskan daun puring dia akan memakanya terlebih daun puring yang masih muda kawan,maka segera lah lakukan penyemprotan agar hama-hama tersebut segera mati dengan menggunakan obat decis.

Itulah kiranya kawan sedikit pengalaman mengenai membasmi hama tanaman daun puring,semoga bermanfaat.



Salam sukses.

1 comment:

Tanaman sejuk