Friday, December 18, 2015

Tanaman hias jenis varigata









Tanan hias jenis varigata seperti Antorium jenis hokery,jenmani adalah tanaman tergolong jenis yang mempunyai harga cukup mahal,dari kisaran 500 ribu samapai puluhan juta ada yang hingga ratusan juta,karena jenis ini sangatlah unik mempunyai dauan yang berwarna berbeda denagan aslinya,ada yang ber warna hijau dan kuning dan ada juga yang berwarna daun hijau dan putih dan sulit untuk didapatkan sehingga mempunyai harga yang relatif mahal.

Untuk memperbanyak jenis ini apa bila sobat sudah mempunyai salah satu pohon indukan jenis varigata hendaklah sobat sering memotong bonggolan yang disebut dengan cara split atau stek batang,selain mempercepat banyaknya pohon ini juga untuk memancing munculnya warna daun yang lebih mewah sehingga warna varigatanya pun semakin jelas dan nyata.






Sehingga menghasilkan pohon yang mewah dan harga jualnya pun akan semakin mahal karena yang disuguhkan benar-benar varigata, jadi untuk jenis ini janganlah sobat malas untuk melakukan split atau stek batang tadi,dan tempatkan pohon tersebut di tempat yang mempunyai naungan paranet atau jaring,juga ditempat yang terkena sinar matahari yang cukup agar pohon sehat,dan batang daun tidak panjang sehingga terlihat kokoh.

Tata cara stek batang atau split

1.  Pertama pilihlah batang pohon yang sudah tua dan sehat untuk menjaga kekuatan daya tahan hidup tanaman varigata tersebut.

2.  Potong batang sepanjang 3-5 cm atau minimal ada calon mata tunas pada setiap potongan,dan membawa akar juga 1 atau 2 daun disisakan,untuk memancing tumbuhnya tunas baru.

3.  Oleskan bagian batang yang terpotong dengan larutan penutup luka,biarkan selama 30 menit, untuk menjaga pembusukan pada batang.

4.  Tanam batang secara horizontal kemedia tanam,usahakan agar batang tidak terbenam seluruhnya,supaya batang yang luka kering tidak basah.





Dan tunggu samapai 4 minggu maka akan kelur tunas baru,setelah tunas muncul biarkan sampai mempunyai 3 atau 4 daun dan mempunyai akar,barulah potong dan pisahkan dengan induk splitan tadi.

Sterusnya bekas split biarkan lagi agar tumbuh tunas baru selanjutnya apabila bonggol cukup besar dan akarnya banyak.
Sehingga dari satu bonggo bisa jadi dua atau tiga pohon.

Cukup kiranya sampai disini semoga dimengerti dan bermanfaat.

Salam sukses.

No comments:

Post a Comment

Tanaman sejuk