Friday, December 4, 2015

CARA PENEMPATAN AGLONEMA YANG BAIK



Aglonema merupakan jenis tanaman hias yang bisa dibilang tanaman yang sangat di sukai oleh semua kalangan masyarakat,dengan berbagai macam jenis,maupun warna yang berragam.


Sehingga banyak para pembudidaya,dari kalangan pecinta tanaman hias,kolektor atau hobiis sampai dengan para pemula atau petani baru banyak membudidayakan.



Disini saya akan coba berbagi pengalaman,tentang penempatan aglonema yang baik,sehingga mendapatkan hasil budadaya yang memuaskan jadi tidak bertani asal-asalan sobat.



Kita langsung ke pokok pembahasan tentang tempat atau kandang aglonema yang baik.


Disini ada beberapa hal yang harus di perhatikan sob,pertama tentunya harus mempunyai lahan yang cukup dan bersih,bisa dibuat di depan rumah,dibelakang ataupun disamping rumah,dan apabila mempunyai lahan yang luas akan lebih baik .



CARA MEMBU TEMPAT/KANDANG AGLONEMA


~• Pertama kita lakukan pembersihan area yang akan di buat kandang aglonema agar steril dari gangguan hama yang menjadi musuh aglonema.


~• Setelah selesai pembersihan langsung sobat pasang tiang penyangga untuk atap bisa menggunakan kayu,bambu,pipa pvc yg diisi coran,dan yang lebih baik sobat menggunakan bahan dari besi dengan panjang kurang lebih 2 mtr.


~• seterusnya pasang palang penyangga untuk atap sob,terus diikat dan akan lebih baik apabila dilakukan pengelasan.

~• Selesai membuat itu semua pasanglah dinding sekelilingnya dengan kawat /semacam pengayak pasir,dan kalau sobat bisa gunakanlah besi kecil atau wire mesh agar lebih kuat,sehingga aman sob,dari tangan-tangan jahil.


~• Selanjutnya tutuplah atapnya dengan menggunakan paranet atau jaring,soalnya aglonema ini lebih suka tidak terkena langsung sinar matahari sobat,dan tentunya butuh angin yang cukup,dan inilah contohnya sobat.

































Naaah ini dia sobat kandang aglonema yang lumayan cukup aman untuk berbudidaya sehingga menghasilkan tanaman yang terawat,selanjutnya apa lagi kawan yang belum dibuat .Selanjutnya adalah membuat rak .





CARA MEMBUAT RAK


~• Cara membuat rak ini sobat bisa menggunakan bahan kayu,pipa pvc yang di isi dengan coran.Sobat siapkan tiang yang ukurannya kurang lebih tinggi sekitar 60-70 cm dan tanam ditanah.


~• Selanjutnya buat palang kalau bisa menggunakan besi supaya lebih kuat ,karena akan di simpan pot-pot aglonema di atasnya dan akan lebih baik lagi apa bila sobat menggunakan bahan yang tidak mudah berkarat sob,soalnya akan terkena siraman air.


~• Terakhir pasang tatakan atau buat dasar penyimpanan pot,itu sobat bisa menggunakan bahan Asbes yang bekas saja sob,atau pun menggunakan kawat besi yang disebut wire mesh yang ukuran paling kecil saja.Ini contoh nya sobat.











Selanjutnya sobat setelah selesai pembuatan kandang aglonemanya barulah sobat membeli indukan atau pun bibit aglonema,dan bahan-bahan media tanam,dan bersiaplah sobat mulai berbudidaya tanaman hias aglonema.Inilah sobat artikel singkat dari pengalaman saya sendiri dan semoga bermanfaat bagi sobat.



SALAM SUKSES buat sobat-sobat semua.




No comments:

Post a Comment

Tanaman sejuk